RI Ingin Deklarasi Kerja Sama Dagang dengan Korsel

Indonesia akan tingkatkan kerja sama perdagangan dengan Korea Selatan. Ini dikerjakan sebab Korea Selatan adalah salah satunya negara yang mempunyai jalinan baik dengan Indonesia.



Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengutarakan ini hari tanda-tangani Deklarasi Bersama dengan Penyelesaian Kesepakatan Kemitraan Ekonomi Mendalam Indonesia-Korea Selatan (Indonesia-Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement/IK-CEPA) dengan Menteri Perdagangan Korea Selatan Yoo Myung-Hee.

"Penandatanganan Deklarasi Bersama dengan Penyelesaian IK-CEPA adalah langkah maju ke arah penandatanganan IK-CEPA," kata Agus di Busan.

Ia mengemukakan kesepakatan IK-CEPA ini akan buka kesempatan semakin besar untuk tingkatkan jalinan dagang ke-2 negara.

"Kesepakatan IK-CEPA tentu saja akan memberi akses pasar yang lebih baik buat keduanya, baik akses pasar barang atau layanan. Diluar itu, akan menggerakkan beberapa kerja sama serta tingkatkan kemampuan," jelas ia.

Diluar itu, Agus memperjelas, akan minta peranan yang lebih strategis pada Atase Perdagangan serta Indonesian Trade Promotion Center di Korea Selatan dalam penambahan export jadi bentuk implementasi IK-CEPA.

Menteri Perdagangan akan mengikuti Presiden RI Joko Widodo hadiri KTT Peringatan 30 Tahun Kerja Sama ASEAN-Korea Selatan (ASEAN-RoK Commemorative Summit) di Busan pada 25-26 November 2019.

KTT kesempatan ini mengangkat topik "Kemitraan buat Perdamaian, Kesejahteraan buat Semua". Menurut Mendag Agus, dalam KTT itu, Presiden Joko Widodo akan mengulas kerja sama ASEAN-Korea Selatan yang sudah terikat sepanjang 30 tahun paling akhir serta untuk 30 tahun akan datang, terhitung kerja sama konektivitas serta usaha jaga kestabilan lokasi.

Post a Comment

0 Comments