Bagaimana Turunkan Gula Darah dengan Kayu Manis

Turunkan Gula Darah dengan Kayu Manis merupakan alternatif baru bagi penderita diabetes. Kayu manis (Cassiavera) merupakan salah satu jenis tanaman rempah yang sering dipakai sebagai penyedap kue dan minuman karena aromanya wangi yang khas. Namun tahukah Anda bahwa tanaman rempah ini sebenarnya dapat dijadikan obat untuk menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes?



Kayu manis mempunyai kandungan beraneka senyawa kimia seperti safrole, minyak atsiri eugenol, tenin, sinamaldehyde, damar, kalium oksalat dan penyamak. Pada pankreas, pemberian kayu manis akan mempunyai efek biomolekuler. Adapun senyawa kimia yang dikandung kayu manis disebut PTP1B. Sistem kerja senyawa tersebut yaitu dengan mengaktifkan sel beta pankreas untuk memproduksi insulin. Proses berikutnya pintu sel darah merah akan dibuka oleh insulin sehingga gula bisa masuk dan dirubah menjadi energi. Selain itu senyawa PTP1B juga akan bekerja membantu hati dalam memproduksi glikogen di sel alfa pankreas.

Dibandingkan dengan obat-obatan diabetes umumnya yang langsung menurunkan kadar gula darah, penggunaan obat herbal seperti kayu manis akan bekerja mengoptimalisasi fungsi organ tubuh pankreas agar bekerja dengan baik. Jika organ tubuh pankreas sudah kembali normal maka pankreas dapat memproduksi insulin secara optimal yang kemudian dapat menurunkan kadar gula darah.

Terapi Turunkan Gula Darah Dengan Kayu Manis
Meskipun penggunaan kayu manis dapat memperbaiki sel beta pankreas agar dapat berfungsi kembali dengan baik untuk menurunkan kadar gula darah, akan tetapi Anda tetap perlu menjaga asupan gula dan karbohidrat agar terapi kayu manis untuk menurunkan gula berhasil Anda jalankan. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan selama menjalani terapi kayu manis.

1. Konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter mengenai terapi kayu manis yang akan Anda lakukan. Katakan kepada dokter jika Anda ingin menambahkan bubuk kayu manis ¼-½ sendok teh per hari ke dalam menu diet diabetes Anda.

2. Untuk menghindari naik turunnya kadar gula darah, sebaiknya Anda gunakan takaran bubuk kayu manis yang selalu sama.

3. Jangan gunakan minyak kayu manis, sebaliknya gunakanlah bubuk kayu manis atau kayu manis dalam bentuk batangan. Hal ini disebabkan kandungan utama pada kayu manis yakni methylhydroxychalcone polymer (MHCP), mempunyai pengaruh efek untuk meningkatkan kesensitifan insulin.

Jika kesehatan merupakan prioritas utama anda dan anda ingin mencobanya, Anda bisa menambahkan bubuk kayu manis ¼ sampai ½ sendok teh untuk terapi Turunkan Gula Darah Dengan Kayu Manis.

Post a Comment

0 Comments