Bagian bagian Yang Terdapat di Dalam Mulut

Mulut adalah bagian utama masuknya benda asing ke dalam tubuh, seperti makanan dan minuman. Mulut mempunyai bagian-bagian penting sesuai dengan fungsinya. Conto, gigi fungsinya untuk mengunyah, lidah untuk perasa dan juga gusi adalah tempat tertanamnya akar gigi untuk menopang gigi supaya kuat. Gigi merupakan bagian penting mengunyah makanan untuk selanjutnya diproses ke dalam pencernaan. Manusia sendiri memiliki dua susunan gigi yaitu susunan gigi primer dan susunan gigi skunder.



Perbedaan gigi skunder dan gigi primer:

Gigi primer adalah dua gigi bagian depan yang terdiri dari dua gigi seri, satu taring dan  geraham, jumlah keseluruhan dari gigi primer adalah berjumlah 20 gigi.
Gigi skunder adalah terdiri dari dua gigi seri, 3 geraham dan 2 gigi premoral, total keseluruhan gigi skunder adalah 32. Ada dua macam gigi skunder yaitu gigi sulung dan gigi tetap. Gigi sulung adalah,  gigi yang mulai tumbuh pada bayi usia 6-7 bulan. Sedangkan gigi tetap adalah gigi yang tumbuh pada usia 6-18 tahun dan merupakan gigi permanen. Fungsi gigi adalah untuk mengunyah makanan yang masuk kedalam mulut untuk di potong  menjadi bagian kecil supaya makanan bisa di telan.

Selain gigi lidah juga merupakan bagian penting dalam mulut. Fungsi lidah adalah untuk penggerak makanan saat makanan di kunyah oleh gigi. Lidah terdiri 50 sel-sel epitel beberapa diantaranya adalah di sebut sebagai sel pengecap. Di bagian pangkal lidah terdapat epiglottis berfungsi untuk mentup jalan nafas saat menelan makanan supaya tidak masuk ke jalan nafas.
Tiga bagian otot dalam lidah:

Pangkal lidah
Punggung lidah
Ujung lidah
Bagian perasa dalam lidah
Rasa asin terasa dibagian lateral lidah
Rasa manis dibagian ujung lidah
Rasa asam, dibagian lateral lidah
Rasa pahit di rasa pada belakang lidah

Bagian lain yang terdapat di mulut adalah ludah/air liur, dalam ilmu kedokteran di sebut dengan saliva. Air  liur/saliva adalah  cairan untuk menjaga kelembapan mulut dan memudahkan gigi untuk mengunyah makanan  supaya mudah untuk di telan.
Fungsi saliva :

Memudahkan makanan untuk dikunyah oleh gigi.
Mengandung ptyalin dan amylase, suatu enzyme yang dapat mengubah zat tepung menjadi maltose polisakarida.

Membuang virus, dan logam, di sekresik dalam saliva.
Sebagai zat anti bakteri dan anti body yang berfungsi untuk membantu memelihara kesehatan mulut serta mencegah kerusakan gigi.
Mempertahankan kelembapan di bagian mulut dan lidah, sehingga memudahkan lidah bergerak untuk bericara.




Post a Comment

0 Comments