Tips Cara Menyimpan Pakaian Di Lemari

Cara menyimpan pakaian di lemari ternyata mempunyai tips dan trik tersendiri. Karena dengan cara menyimpan yang benar selain akan mencegah pakaian kusut juga akan menciptakan pakaian yang disimpan menjadi tahan usang serta memudahkan pada dikala kita mencari dan memadupadankan busana.

Tips Cara Menyimpan Pakaian di Lemari


Berikut ini beberapa tips cara menyimpan pakaian di lemari :


  1. Sebelum menyimpan pakaian,
    pastikan pakaian telah benar-benar kering biar tidak menjadikan jamur dan anyir tidak sedap. Gunakan lemari yang bersih, kering, tidak berdebu dan tertutup rapat. Bersihkan dulu dengan lap kering atau lap berair bila kotor sekali. Alasi kepingan lemari yang akan diletakkan pakaian dengan kertas putih.
  2. Seleksi pakaian,
    apabila dalam waktu setahun ini sudah tidak digunakan dan tidak sesuai bentuk tubuh, sebaiknya keluarkan dari lemari dan sanggup disumbangkan.
  3. Kelompokkan pakaian berdasarkan fungsinya,
    pakaian untuk bekerja, pakaian sehari-hari, busana pesta atau jamuan penting. Bisa juga dikelompokkan berdasarkan jenisnya, menyerupai gaun, kemeja, celana panjang, celana pendek, dan pakaian dalam.
  4. Agar tampilan isi lemari pakaian lebih rapi,
    pilihlah gantungan baju yang bahannya serupa seperti, kayu, plastik, atau kawat.
  5. Gantung pakaian yang gampang kusut
    misalnya yang berbahan katun dan jangan menggantung busana yang terbuat dari materi wol, atau rajut alasannya ialah akan merusak bentuknya. Masukkan busana berbahan wol ke dalam plastik biar seratnya sanggup bertahan lebih usang dan jauh dari ngengat.
  6. Gantung kemeja
    Menggantung kemeja dengan kondisi kancing atas, tengah dan bawah terkancing rapat, untuk mencegah peregangan, simpan juga dasi dalam keadaan digantung.
  7. Menyimpan gaun,
    kebaya dan jas yang tidak digunakan dengan gantungan tebal dan lebar yang tidak meregangkan area bahu, jangan lupa bungkus terlebih dulu dengan plastik sebelum digantung. Untuk kebaya berbahan lace atau tulle simpan dalam kotak khusus.
  8. Lapisi busana yang mempunyai aksen
    seperti payet, studs dan bebatuan dengan clothing cover atau plastik biar tak tersangkut dengan busana lain di lemari.
  9. Kain-kain menyerupai songket jangan dilipat,
    tapi digulung bersama lapisan kertas roti, atau sanggup juga digantung di hanger.
  10. Untuk kaus (T shirt) dan pakaian santai lainnya sebaiknya dilipat saja,
    susunlah berdasarkan warna untuk memudahkan pencarian dikala dibutuhkan, sekaligus akan membuatnya  lebih tahan usang dan tidak cepat pudar.
  11. Gantungkan celana panjang atau jeans pada gantungan tebal khusus guna mencegah lipatan horizontal di tengah pipa celana.
  12. Pergunakan gantungan khusus untuk rok yang mempunyai klip untuk menjepit pinggang rok biar rok terhindar dari bekas lipatan sekaligus terjaga bentuknya.
  13. Beri jarak antar-hanger, sehingga pakaian yang digantung tidak kusut.
  14. Simpan pakaian dalam di laci, kaus kaki dan stocking sebaiknya disimpan dalam keadaan terlipat, bukan digulung menyerupai bola, biar tidak berubah bentuk.
  15. Pakaian belum dewasa sebaiknya ditempatkan pada lemari khusus untuk belum dewasa biar tidak tercampur dengan pakaian dewasa. Selain itu lemari tersebut sanggup juga menjadi daerah untuk barang-barang keperluan lainnya, contohnya sepatu, perlengkapan mandinya dll.
  16. Bukalah pintu lemari secara terencana dan keluarkan isinya untuk beberapa dikala untuk menghindari jamur akhir kekurangan sirkulasi udara di dalam lemari.
  17. Gunakan pengharum pakaian/ kamper dan materi penyerap kelembapan di lemari untuk mencegah  timbulnya jamur dan gangguan ngengat.

Demikian 17 Tips Cara Menyimpan Pakaian di Lemari, semoga bermanfaat dan berguna.


Post a Comment

0 Comments